Sejarah Kotak Karton Gelombang (Corrugated Carton Box)

Posted on Mar 31, 2012


Packing kartonbox sangat penting di dalam dunia Industri. Karena biasanya pembungkus/kartonbox mempengaruhi penilalian orang akan suatu produk yang didalamanya. Jadi pembungkus/kartonbox menentukan image barang yang dibungkus, apabila dibungkus/di-pack dengan baik maka akan menimbulkan image yang baik bagi konsumen dan apabila dibungkus/di-pack secara asal-asalan maka image akan produk juga akan turun/kurang baik.

Ada beberapa macam bahan yang biasa digunakan untuk membuat kartonbox, namun yang paling banyak digunakan pada umumnya adalah kartonbox dengan bahan duplex dan kertas gelombang (corrugated box). Karton dengan bahan duplex biasanya digunakan sebagai inner karton dan karton dengan bahan kertas gelombang biasa digunakan sebagai master karton (mc). Inner carton biasanya disimpan didalam master carton . Oleh karena itu untuk bahan master karton harus yang lebih kuat.

Disini kita akan membahas tentang Coruggated box. Coruggated box adalah karton box kemasan dengan memakai bahan kertas gelombang ditegah bahan kertas yang saling menempel. Ada berbagai macam jenis karton gelombang yang biasa digunakan, yaitu:

- single wall corrugated box (3ply) (1,6mm, 3mm, 4mm, 5mm)

- double wall corrugated box (5ply) (7mm)

- tripple wall corrugated box (7ply) (10mm)

Namun biasanya yang banyak digunakan adalah single wall dan double wall corrugated carton box.

 

Sejarah Corrugated Board (Karton Gelombang)

Pada tahun 1874 seorang Amerika bernama Olivier Long berhasil menambahkan liner diatas corrugated paper yang kemudian dikenal dengan nama SINGLE FACE. Penemuan single face ini dipatenkan atas nama Oliver Long.

Pada tahun yang sama ditemukan Single Face, G. Smyth berhasil menyempurnakan hasil ciptaan Oliver Long yaitu single face, yaitu dengan menambahkan 2 lapis liner di kedua permukaan (atas dan bawah) kertas gelombang yang kemudian disebut dengan nama Corrugated Board (Karton Gelombang).

 

Penemuan Mesin Pembuat Corrugated Board (Karton Gelombang)

 Pada tahun 1881 untuk pertama kalinya mesin pembuat single face dibuat di Amerika oleh perusahaan Thompson and Norris. Sejarah perkembangan Mesin Corrugated Board (Karton Gelombang) pun berlangsung hingga di daratan Eropah sbb:1883 London (UK)1886 Kirchberg (Germany)1888 Exideuil-sur-Vienne (France)Pada 1895 mesin dan peralatan pembuat corrugated board (karton gelombang) mulai memasuki dunia business yang. Mesin pembuat corrugated board continuous dikembangkan oleh Jefferson T. Ferres dengan nama perusahaan Sefton Manufacturing CO.

 

Sejarah Penemuan Kotak Karton Gelombang

Robert Gair, dianggap sebagai Bapak dari folding carton dan salah satu perintis industri corrugated. la yang mengembangkan RSC (Regulated Slot Container) Box dan juga folding carton yang direkatkan dengan lem. 

Robert Gair datang ke Amerika pada usia 14 dari Ediburgh, Skotlandia, dengan perahu layar untuk bekerja bersama ayahnya sebagai tukang ledeng di New Jersey. Kemudian ia bekerja di New York pada toko kelontong pada th 1850an sebelum menjalani wajib militer di Union Army. Setelah itu ia memulai menjalankan bisnisnya sendiri.

Pada tahun 1879, disebabkan karena ketidakmampuan salah satu tukang cetaknya pada saat mencetak kotak biji-bijian, membawa ia secara tidak sengaja menemukan proses cutting dan creasing. Gair memperhatikan bahwa penggaris cetak yang disetel terlalu tinggi dapat memotong kertas. Prinsip ini dimanfaatkan untuk melakukan proses cutting dan creasing dengan memakai pisau dan penggaris (rule) khusus. Ini merupakan kemajuan yang signifikan dibandingkan dengan metode diecutting sebelumnya.

Pada tahun yang sama, tanggal 10 April, ia mengajukan permohonan paten, tetapi setelah beberapa tahun, ia tidak berhasrat lagi mendapatkan paten tersebut. Dalam aplikasi patennya, Gair menyebutkan bahwa ia adalah penemu dari sebuah alat untuk memotong dan melakukan creasing pada kertas dalam pembuatan box kertas. Pada gambar yang dilampirkan pada permohonan tersebut, Gair menjelaskan rencananya atas pisau potong dan creasing rule. Sketsa dari dies yang terkunci pada chase menggambarkan sebuah karton dengan profil menunjukkan bagaimana proses potong dan creasing yang terpadu bisa membentuk karton siap ditekuk menjadi kotak.


 

< Kembali ke Blog Listing